Sunday, April 12, 2009

Psychology Of Trading

Dalam melakukan trading terdapat beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh seorang trader, yaitu psychology of trading. Kesuksesan seorang trader dalam melakukan trading tidak hanya didukung oleh pengetahuan dan pemahaman tentang trading tersebut.Namun juga ditentukan oleh "pelaku" yang harus selalu dijaga sebelum dan selama melakukan trading.

Berikut adalah beberapa aspek psikologis yang harus diperhatikan seorang trader yang ingin melakukan sendiri perdagangan valas.

1 Memahami tujuan trading.

Memahami tujuan trading yang ingin dicapai dalam trading akan membuat kita selalu berada dalam arah yang jelas: sekedar mencari profit dengan berspekulasi atau mengamankan posisi keranjang investasi yang dimiliki

2 Lakukan hanya jika mampu menanggung kerugian

Melakukan trading investasi beresiko relatif besar (high risk high return). Karna itu, lakukan trading dengan idle money yang tidak akan membuat kita kesulitan keuangan jika terjadi kerugian.

3 Jangan tempatkan uang dalam satu posisi.

Menempatkan uang dalam satu posisi adalah tidakan yang sangat beresiko, karna berpotensi membuat kita kehilangan semua uang.

4 Jangan melakukan trading pada banyak currency

Berkonsentrasi dan fokus pada sedikit atau beberapa lot saja.Terlalu banyak lot yang diperdagangkan akan membuat kita kesulitan memantau perkembangan posisi lot kita karena akan semakin banyak informasi yang harus kita cari.

5 Berlatih Berjalan sebelum lari

Jangan trading sebelum memahami benar bagaimana harus melakukan trading. Memahami dan belajar trading melalui situs-situs pialang berjangka yang menyediakan tempat untuk demo(www.jalatama.co.id) adalah tindakan yang harus dilakukan sebelum benar-benar melakukan trading.

6 Menerima kenyataan bahwa market is always right

Pasar bukan lah kumpulan "bebek" yang dapt dengan mudah digiring oleh satu atau beberapa orang. "Market go where it want to go" begitu kata orang inggris.

7 Sesekali, tidak ada salahnya untuk mengalah

Jika berada dalam posisi terus merugi, segeralah keluar dari keterpurukan. Tunggu sampi datang kesempatan lain untuk bisa menang.

8 Biarkan profit yang telah diperoleh sampai ada alasan untuk mengambilnya.

Jangan buru-buru melakukan cash in terhadap profit yang telah diperoleh sampai beberapa indikator fundamental, teknikal dan parameter-parameter lain memberi isyarat untuk mengambilnya.

9 Jaga kesehatan jiwa-raga

Trading adalah aktifitas yang sanat menguras pikiran dan tenaga. Karena itu, jika prinsip time is money dijadikan pegangan, menjaga kondisi kesehatan adalah suatu keharusan.

10 Jangan terlalu serakah

No comments: