Friday, April 10, 2009

Financial Freedom

4 Quadrant Dalam Hidup

Bagi anda yang belum pernah membaca buku karangan Robert T Kyosaki mungkin konsep quadrant ini masih belum ada kenal & masih sangat baru dalam hidup anda, namun bagi sebagian orang kaya atau orang sukses dalam hidupnya konsep seperti ini adalah hal yang patut diketahui semua orang.
Saya akan sedikit menjelaskan tetang perbedaan quadrant kiri dan kanan. Namun sebelumnya saya ingin bertanya kepada anda.Kalau anda liat didalam 4 quadrant disamping
sekarang anda ada didalam kuadrat mana,kiri atau kanan?

Jika ada sudah tahu anda sekarang berada didalam quadrant yang mana, saya akan memulai sedikit penjelasan tentang masing-masing quadrant dan apa perbedaan antara kiri dan kanan.
Quadrant E = ( Employee)
Seperti yang anda tahu quadrant E (employee) adalah orang yang bekerja untuk orang lain yang mengikuti sistem yang telah dibuat oleh perusahaan dan quadrant ini sangat populer sekali dalam kehidupan sehari-hari kita dikarnakan didalam quadrant ini kita akan merasa aman akan adanya income yang akan menunjang kita setiap bulannya dan jaminan masa depan seperti jaminan tunjangan asuransi kesehatan dan pensiun. Dapat dicontohkan seperti : karyawan swasta,pegawai negeri,buruh,dll..

Quadrant SE = (Self Employee)
Quadrant SE adalah orang yang bekerja untuk diri mereka sendiri, untuk quadrant ini masih sebagian orang dapat mengelutinya dikarnakan dalam quadrant ini harus mempunyai suatu keahlian khusus. Dapat dicontohkan seperti : Artis,Dokter,dll...

Quadrant B = (Business Owner)
Quadrant B ini tidak terlalu jauh berbeda dengan quadrant SE namun yang membedakanya adalah adanya sistem,walau pun mereka tidak melakukan kegiatan usaha namun incom akan terus berjalan dikarnakan sistem yang melakukan pekerjaannya,. Dapat dicontohkan orang yang mempunyai Franchise, pengusaha,dll..

Quadrant I = (Investor)
Quadrant I adalah quadrant yang banyak orang idam-idamkan karna ketika berada didalam quadrant ini kita akan mendapatkan pasive income(income yang akan terus berjalan walau pun kita tidak melakukan kegiatan bekerja), namun dalam quadrant I ini sangat spesial dikarnakan mengandalkan kekuatan modal dan strategi dalam mengolah dan mengembangakan dana yang dimilikinya.Investasi adalah sumber penghasilan tambahan yang bisa dilakukan siapa saja selama ada uang di tangannya. Karena berinevstasi tidak menyita banyak waktu dan bisa dilakukan sambil bekerja. Sementara masalah keahlian mengatur strategi bisa dikerjakan oleh sang ahli yang dibayar berdasarkan keuntungan yang didapat atau berdasarkan aset yang dikelola.

Perbedaan Quadrant Kiri Dan Kanan

Perbedaan yang paling membedakan quadrant kiri dan kanan adalah adanya sistem, seperti jika anda seorang employee anda akan masuk kedalam sistem milik orang lain, jika anda seorang self-employee anda hanya bekerja untuk diri anda sendiri tanpa adanya sistem, sedangkan jika anda seorang bisnis owner anda mempunyai sistem dan strategi dimana anda membuat orang lain bekerja untuk anda. Walau pun anda tanpa turun langsung kedalam kegiatan pekerjaan tapi kegiatan tersebuat akan terus bekerja dikarnakan adanya sistem yang bekerja untuk anda buka anda yang bekerja untuk sistem. jika anda seorang investor anda tidak terlalu berbeda dengan bisnis owner yang membedakanya hanya anda menanam uang anda supaya tumbuh subur dan membentuk pohon uang untuk anda,dengan cara menginvestasikan uang anda kebank,asuransi,dan perusahaan pialang berjangka.


No comments: